AdSense3

Friday 20 December 2013

Membuat Rengking di Ms. Exel 2007

Untuk mencari rangking dari sebuah kelompok data, kita dapat memanfaatkan Microsoft Office Excel. Sehingga kita dapat dengan mudah untuk me... thumbnail 1 summary
Untuk mencari rangking dari sebuah kelompok data, kita dapat memanfaatkan Microsoft Office Excel. Sehingga kita dapat dengan mudah untuk mencari rangking dari data tersebut. Penerapan fungsi ini juga dapat mengurutkan rangking dengan Ms.excel dari yang tertinggi ke yang terendah (descending), atapun sebaliknya (ascending). 
 Bagaimana rumus dalam pencarian rangking suatu table dengan Ms.Excel ?
 Untuk memulainya dengan cara : 
1. Anda operasikan terlebih dahulu Ms. Excelnya 
2. Kemudian, sebagai contoh coba anda ketikan data seperti berikut : 


3. Setelah anda ketikan datanya, maka langkah selanjutnya kita akan mencari siapa yang juara yang paling pertama dan siapa yang juara terakhir. Nah pada kesempatan kali ini kita akan menggunakan rumus RANK. rumusnya seperti berikut =Rank(Number;ref;order) 
Penjelasan =Rank yaitu rumus yang diberikan oleh excel untuk mencari ranking Number yaitu nilai yang akan kita bandingkan Ref yaitu nilai pembandingnya Order yaitu pengurutan secara ascending atau descending 0 = descending 1 = ascending 

Rumusnya bisa kita dapatkan sebagai berikut, coba anda ketikan rumus berikut ini : =RANK($B$3:$B$8,$B$3:$B$8,0)=apabila descending 
=RANK($B$3:$B$8,$B$3:$B$8,1)=apabila ascending 
Maka kita sudah bisa mengetahui siapa yang ranking 1 dan siapa yang ranking terakhir 




Fungsi Rank adalah suatu fungsi untuk menentukan posisi atau rangking dari suatu bilangan yang terdapat dalam daftar atau sekelompok data dan rumus yang digunakan adalah : =RANK(number,ref,order)

Penjelasan Rumusnya adalah: number, adalah nilai yang akan dijadikan dasar rangking. 
Untuk contoh kasus dibawah sel dari Nilai Rata-Rata yang menjadi dasar untuk perankingan (sel M13) ref, berupa range yang diabsolutkan dari kolom yang menjadi dasar merangking (range $U$13:$U$22) Order, bersifat opsional. Jika tidak dicantumkan maka dianggap bernilai 0. Parameter ini hanya mengijinkan nilai 0 dan 1. Jila diberi nilai 0, maka rangking dalam bentuk descending yaitu nilai tertinggi menjadi rangking 1. Jila diberi nilai 1, maka rangking dalam bentuk ascending yaitu nilai terendah menjadi rangking 1. untuk kasus ini parameter order dapat diabaikan atau diberi 0. 

Perhatikan Gambar dibawah ini : 

 Dengan gambar diatas maka rumus adalah : =RANK(M13;M13:M22;0) lakukan pengetikan untuk number M13 , sedangkan ref M13:M22 cara diblok dari kolom M13 sampai dengan M22 dan untuk penetapan RANK tekan F4 maka hasilnya berubah $M$13:$M$22 dan seperti M13 adalah posisi dimana terdapat suatu nilai untuk kita ketahui rangkingnya setelah kita bandingkan dengan nilai lainnya dalam daftar tersebut (perhatikan M13:M22) =RANK(M13;$M$13:$M$22;0) Sedankan angka 0 (nol) untuk menunjukkan urutan secara Descending atau mengurutkan suatu nilai dimulai dari nilai yang terbesar sampai nilai terkecil. 

Selanjutnya Copy kan rumus tersebut dan paste kebawah akan menghasilkan Rangking seperti gambar berikut : 

 Demikian sobat Cara membuat Rangking di Excel semoga bermanfaat Terimakasih.........

No comments

Post a Comment

ads